Memberdayakan Pembelajaran dengan Rumah Belajar

Adventure Rumah Belajar telah dilakukan di SMP Maarif 19 Surabaya dengan menjelajah seluruh fitur dari Rumah Belajar. Rumah Belajar memberikan layanan ketersediaan sumber media pembelajaran dalam bentuk bahan belajar interaktif yang dilengkapi dengan media pendukung gambar, animasi, video dan simulasi, serta dalam bentuk buku digital. Pembelajaran dapat dilakukan lebih menyenangkan dengan Rumah Belajar. Rumah Belajar dikenalkan di SMP Maarif 19 Surabaya pada Rabu, 18 September 2019

Konten-konten yang ada pada Rumah Belajar tersebut disediakan untuk berbagai tujuan, agar pendidik dan peserta didik dapat melaksanakan pembelajaran secara komprehensif. Misalnya fitur Peta Budaya, disiapkan untuk menyediakan berbagai macam materi pembelajaran budaya di Indonesia sehingga peserta didik dapat lebih mengetahui dan menghargai keragaman adat istiadat/budaya. Sedangkan Wahana Jelajah Angkasa dikembangkan agar peserta didik lebih mudah mengenal benda-benda angkasa. Selanjutnya, Bank Soal, berisi kumpulan soal-soal latihan/tes. Juga Karya Guru dan Karya Komunitas, memberi kesempatan pendidik mengunggah karya terbaiknya. Di sini pendidik bisa berbagi informasi/ ilmu dengan yang lain. Fitur yang lain, yakni Kelas Maya, memberi layanan pendidik dan peserta didik menyelenggarakan kegiatan e-learning atau pembelajaran secara daring (online) kapan saja dan di mana saja. Fitur itu memfasilitasi pembelajaran daring antara pendidik dan peserta didik kapan saja dan di mana saja. Baik pada saat jam sekolah maupun di luar jam sekolah (sesuai kesepakatan pendidik dan peserta didik), asalkan guru dan siswa memiliki koneksi internet dan perangkat gawai seperti komputer/laptop/ notebook. Adapun Laboratorium Maya dapat digunakan peserta didik dan pendidik melakukan percobaan di laboratorium secara virtual (maya). Semua percobaan atau simulasi yang tersedia di Laboratorium Maya dapat diunduh oleh pengguna.

Pendidik sangat menyadari bahwa teknologi pada hakikatnya adalah proses untuk mendapatkan nilai tambah dari produk yang dihasilkannya agar bermanfaat, pendidik berkomitmen menggunakan Portal Rumah Belajar yang beralamat di belajar.kemdikbud.go.id. Teknologi telah mempengaruhi dan mengubah manusia dalam kehidupannya sehari-hari, sehingga jika peserta didik atau para pendidik tidak mengikuti perkembangan teknologi maka akan terlambat dalam menguasai informasi, dan akan tertinggal pula untuk memperoleh berbagai kesempatan maju. Informasi bagi pendidik memiliki peran penting dan nyata, pada era masyarakat informasi. Informasi dan komunikasi sebagai bagian dari teknologi juga sedang berkembang sangat pesat, mempengaruhi berbagai kehidupan dan memberikan perubahan terhadap cara hidup dan aktivitas manusia sehari-hari, termasuk dalam dunia pendidikan. Pendidikan telah mengalami perkembangan yang sangat pesat pula, diantaranya dengan adanya pembelajaran digital. Dengan memanfaatkan Portal Rumah Belajar sebagai bagian dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi.

Pendidik sangat antusias dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dari portal Rumah Belajar, dan berkomitmen menjadi subyek atau pelopor dalam pengembangannya. Saat ini pendidik dituntut memiliki kemampuan memahami teknologi sesuai dengan kebutuhannya atau yang disebut juga memiliki literasi teknologi, karena akan berperan dalam kehidupan masa kini dan masa yang akan datang.

Pendidik sangat merasa terbantu dengan adanya Portal Rumah karena Rumah Belajar memberikan layanan ketersediaan sumber media pembelajaran dalam bentuk bahan belajar interaktif yang dilengkapi dengan media pendukung gambar, animasi, video dan simulasi, serta dalam bentuk digital