CERITA DIBALIK PEMBATIK 2022

Pembatik Level 3, 2022.  KREASI

Setelah dinyatakan lulus pada PembaTIK level 2, penulis langsung diundang pada kelas pembaTIK level 3 gelombang 10 yang diselenggarakan provinsi Banten pada 5 – 26 September 2022.

Pada level ini peserta mempelajari 5 modul dan membuat sebuah media belajar dan di upload di fitur sumber belajar portal Rumah Belajar.

Modul yang penulis pelajari adalah :

Modul 9 : Pengembangan Media Audio Pembelajaran Berbasis TIK

 https://drive.google.com/file/d/1YNcKeGf9TshYj-g0i4JyXq8675b8DBPv/view?usp=share_link

Modul 10: Pengembangan Media Video Pembelajaran berbasis TIK

 https://drive.google.com/file/d/11dXNvC1lrU7IGQWBmJNVUNZ2JuPEGKzT/view?usp=share_link 

Proses Video : app zoom meeting, canva, powtoon

Edit Video : Clipchamp, Kinemaster, Filmora

Modul 11 : Pengembangan Multi Media Pembelajaran Interaktif ( MPI )

  https://drive.google.com/file/d/1K4ZB4CQHDMO2wWhCIKjG4YP8K03OBDme/view?usp=share_link

Aplikasi perancangan MPI : Articulate Storyline, Smart Apps Creator, Power Point, Google Slide dan Google Site

Modul 12 : Pengembangan Edugame

 https://drive.google.com/file/d/18wU8k-2fPUwwhtqVZHJAicfZlJljF7Mp/view?usp=share_link

Apps Edugame : Unity, Construct 3, Game Maker Studio, RPG Maker, Articulate Stotyline, Adventure Maker Studio, Stencyl, Smart Apps Creator

Modul 13 : Inovasi Pembelajaran Yang Memanfaatkan Media Pembelajaran Digital

 https://drive.google.com/file/d/1k7jBoOf1kHW0dACv6gQBfwNGrp6K9bBD/view?usp=share_link

Jenis jenis Media Pembelajaran berteknologi Digital :

  1. Multimedia Interaktif
  2. Digital Video dan Animasi
  3. Media Audio atau Podcast
  4. Augmented Reality ( AR )
  5. Virtual Reality
  6. Game Edukasi

Model Pembelajaran Inovatif :

  1. Crossver Learning
  2. Game Based Learning
  3. Project Based Learning
  4. Discovery Inquiry Learning
  5. Blended Learning
  6. Flipped Classroom
  7. SOLE ( Self Organized Learning Environments )

Pada pelatihan pembatik level 3, banyak sekali aplikasi yang dapat dikembangkan semua peserta dalam berinovasi untuk membuat media belajar. Peserta bebas memilih aplikasi apa yang akan digunakan. Penulis memilih MPI model game dalam aplikasi articulate storylate untuk dikembangkan.