CERITA DIBALIK PEMBATIK 2022

PembaTIK Level 2,  2002.  IMPLEMENTASI

Pada level 2 ini , penulis merasa berbahagia sekali karena dapat menyelesaikan segala proses belajar yang telah dilalui di level 1. Ilmu yang didapatkan setidaknya sudah mulai diterapkan dalam pembelajaran di kelas. Seperti pemanfaatan  aplikasi CANVA, Quizizz, Jamboard, dan fitur pada google.

PembaTIK level 2  dimulai pada 8 Agustus s.d 30 Agustus 2022, di gelombang 10, penyelenggara provinsi DKI Jakarta.

Ada 4 modul yang dipelajari oleh peserta di level 2  ini yaitu :

Modul 5 : Optimalisasi Pemanfaatan TIK dalam Pembelajaran Abad 21

 https://drive.google.com/file/d/1soSqnoJsY1R55VVPNWWkBDf_BgHypJb2/view?usp=share_link 

Pada modul ini peserta diperkenalkan dengan pendekatan TPACK ( Tecnological Pedagogical And Content Knowledge ), mengimplementasikan dalam pembelajaran digital.

Modul 6 : Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Sumber Belajar Digital

  https://drive.google.com/file/d/1tqTHLWrCxsLhcyUgNepXSqwjNvZdnm7g/view?usp=share_link

Pada modul ini peserta diperkenalkan  tentang penerapan sumber belajar digital Bersama Rumah Belajar, dengan memperkenalkan fitur fiturnya. Juga peserta dapat menerapkan model pembelajaran seperti PBL ( Project Based Learning ), Game Based Learning,  Discovery Inquiry Learning serta pemanfaatan sumber belajar digital berbasis Radio dan TV Edukasi

Modul 7 : Pengelolaan Kelas Terintegrasi TIK Dalam Pembelajaran

 https://drive.google.com/file/d/1F7Wf8gTp1ggDLQ5ob_G9XQVPfeeC3Npj/view?usp=share_link

Pada modul ini kami mengenal lingkungan belajar secara luring dan daring seperti pemanfaatan Blended Learning yaitu mengkombinasikan antara luring dan daring, Hybrid Learning dan LMS. Contoh LMS pada fitur Rumah Belajar adalah Kelas Maya dan google Classroom pada google workspace serta Edmodo.

Modul 8 : Dasar Dasar Pengembangan Media Pembelajaran Berteknologi Digital

 https://drive.google.com/file/d/1gYn9T4Z40Y2PrMyn2tlLLHv0OCX3X01d/view?usp=share_link

Pada modul ini peserta belajar tentang jenis, karakteristik dan pemanfaatan Media Pembelajaran Digital seperti :

  1. Multimedia Interaktif
  2. Digital Video dan Animasi
  3. Media Audio atau Podcast
  4. Augmented Reality ( AR )
  5. Virtual Reality
  6. Game Edukasi

Seperti pada level 1, pada level 2 pun peserta bekerja membuat tugas melalui LMS. Ruang kolaborasi begitu bermanfaat untuk berbagi da mendapatkan informasi kegiatan. Pada level 2 ini kami ditugaskan membuat video pembelajaran yang memanfaatkan model belajar yang terintegrasi dengan beberapa plikasi belajar . Penulis menggunakan google form sebagai media untuk mengecek pemahaman awal peserta didik, quizizz untuk mengecek pemahaman peserta didik sesudah pembelajaran. Video pembelajaran ini di upload melalui chanel Youtube pribadi dan menyalin tautan di platform (Merdeka Mengajar PMM ) melalu fitur Bukti Karya.

Mengikuti ujian kompetensi pada tanggal 30 Agustus 2022 adalah kenangan yang tak terlupakan, karena pada saat itu penulis mengikuti ujian kompetensi di RS Mokoyurli Kabupaten  Buol, disebabkan karena saat itu penulis sedang di rawat inap karena menderita sakit . Namun keadaan ini tidak mematahkan semangat untuk tetap melanjutkan pelatihan . Dan Puji Tuhan setelah pengumuman, penulis lulus dan melanjutka pelatihan ke level 3