Pemanfaatan Aplikasi Rumah Belajar dan Augmented Reality Rumah Belajar

Jumat tanggal 27 Desember 2019 di SMP Negeri 30 Surabaya dihadirkan  Duta Rumah Belajar Nasional ibu Raden Roro Martiningsih. Kami belajar fitur-fitur Rumah Belajar dan Augmented Reality Rumah Belajar.  Rumah Belajar merupakan pembelajaran yang menyediakan bahan belajar serta fasilitas komunikasi yang mendukung interaksi antar komunitas. Rumah Belajar hadir sebagai bentuk inovasi pembelajaran di era industri 4.0 yang dapat dimanfaatkan oleh siswa dan guru. Dengan menggunakan Rumah Belajar, kita dapat belajar di mana saja, kapan saja dengan siapa saja. Seluruh konten yang ada di Rumah Belajar dapat diakses dan dimanfaatkan secara gratis.

Pendidikan di SMP Negeri 30 Surabaya saat ini telah memasuki era digital atau era informasi di mana ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang dengan pesat. Perkembangan ini memiliki dampak semakin terbuka dan tersebarnya informasi dan pengetahuan dari dan ke seluruh dunia menembus batas jarak, tempat, ruang dan waktu. Kenyataannya dalam kehidupan manusia di era digital ini akan selalu berhubungan dengan teknologi. Teknologi telah mempengaruhi dan mengubah manusia dalam kehidupannya sehari-hari, sehingga jika peserta didik atau para pendidik tidak mengikuti perkembangan teknologi maka akan terlambat dalam menguasai informasi, dan akan tertinggal pula untuk memperoleh berbagai kesempatan maju.

Sementara itu, realitas tertambah, atau kadang dikenal dengan singkatan bahasa Inggrisnya AR (augmented reality), adalah teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi dan ataupun tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata. Rumah Belajar juga memiliki Aplikasi Augmented Reality yang bisa diunduh oleh semua kalangan  di https://play.google.com/store/apps/details?id=com.pytoarstudio.arpendidikan

Pemanfaatan augmented reality Rumah Belajar dalam pembelajaran sangat menyenangkan. Siswa siswi dapat menggunakan augmented reality dalam bentuk permainan atau sebagai variasi dalam pemanfaatan media pembelajaran. Pemanfaatan augmented reality dapat meningkatkan aktifitas dan kreativitas siswa dalam pembelajaran.

Ayo, manfaatkan augmented reality Rumah Belajar.