“ Ajarkan Sedini Mungkin Bahasa Pemrograman Melalui MICROSOFT Kepada anak didik Kita “

“ Ajarkan Sedini Mungkin Bahasa Pemrograman Melalui MICROSOFT Kepada anak didik Kita

 

Hour of code Indonesia adalah bagian dari gerakan global Hour of Code, yang di inisiasi oleh NGO Code.org untuk memberdayakan 200 juta anak di Dunia belajar pemrograman komputer atau coding. Bahasa pemrograman, atau sering diistilahkan juga dengan bahasa komputer atau bahasa pemrograman komputer, adalah instruksi standar untuk memerintah komputer. Bahasa pemrograman ini merupakan suatu himpunan dari aturan sintaks dan semantik yang dipakai untuk mendefinisikan program komputer. Bahasa ini memungkinkan seorang programmer dapat menentukan secara persis data mana yang akan diolah oleh komputer, bagaimana data ini akan disimpan/diteruskan, dan jenis langkah apa yang akan diambil dalam berbagai situasi secara persis. Bahasa Pemrograman (programming language) adalah sebuah instruksi standar untuk memerintah komputer agar menjalankan fungsi tertentu. Bahasa pemrograman ini merupakan suatu himpunan dari aturan sintaks dan semantik yang dipakai untuk mendefinisikan program komputer. Bahasa ini memungkinkan seorang programmer dapat menentukan secara persis data mana yang akan diolah oleh komputer, bagaimana data ini akan disimpan/diteruskan, dan jenis langkah apa secara persis yang akan diambil dalam berbagai situasi. Fungsi bahasa pemrograman yaitu memerintah komputer untuk mengolah data sesuai dengan alur berpikir yang kita inginkan. Keluaran dari bahasa pemrograman tersebut berupa program/aplikasi. Contohnya adalah program yang digunakan oleh kasir di mal-mal atau swalayan, penggunaan lampu lalu lintas di jalan raya, dll. Bahasa Pemrograman yang kita kenal ada banyak sekali di belahan dunia, tentang ilmu komputer dan teknologi dewasa ini. Perkembangannya mengikuti tingginya inovasi yang dilakukan dalam dunia teknologi. Contoh bahasa pemrograman yang kita kenal antara lain adalah untuk membuat aplikasi game, antivirus, web, dan teknologi lainnya. Bahasa pemrograman komputer yang kita kenal antara lain adalah Java, Visual Basic, C++, C, Cobol, PHP, .Net, dan ratusan bahasa lainnya. Namun tentu saja kebutuhan bahasa ini harus disesuaikan dengan fungsi dan perangkat yang menggunakannya

SMP PGRI 6 Surabaya adalah Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan  yang terletak di Jalan Bulak Rukem III N0. 7 – 9 Kelurahan Wonokusumo Kecamatan Semampir , Pada hari Kamis 12/12/2019 , Sebanyak 32 Siswa / siswi SMP PGRI 6 Surabaya mengikuti kegiatan  coding is the Language Of The Future yang di adakan Oleh MICROSOFT Dalam Kesempatan tersebut 32 Siswa Tersebut Di bagi menjadi 2 kelompok pertama berjumlah 16 Siswa Putra dan 16 Siswa Putri, dimana seluruh siswa / siswi SMP PGRI 6 Surabaya  membawa  HP Dari rumah masing – masing untuk mengikuti kegiatan tersebut, dalam kesempatan tersebut Tim Dari SMP PGRI 6 Surabaya di damping Oleh Bapak Kepala SMP PGRI 6 Surabaya Bapak H. BANU ATMOKO , S.Pd , Proktor  Ibu MEI RATNA SUSANTI , S.Si dan Ibu DINA AYU SEPTYARINI , S.Pd , Dalam kesempatan tersebut seluruh siswa/ siswi SMP PGRI 6 Surabaya bermain  dengan santai sambil ngobrol dan bercanda di ruangan kelas 7 , Karena sering bermain Game alhamdulilah permainan tersebut bagi peserta didik di SMP PGRI 6 Surabaya sangat biasa  dimana  siswa/siswi SMP PGRI 6 Surabaya waktu tercepat yaitu MOCH. SUIB  putra dari Ibu SAKINA siswa kelas 7 , M. Habibi Maulana putra dari Ibu DJUMHARIYAH , Achmad FADHIL ARDIANSYAH putra dari Ibu SITI ZAINAB siswa kelas 7 , Samsul Arifin putra dari SAMIYAH siswa kelas 7 , Feby Sintiya Sari putri dari Ibu SITI AMANAH, Azis Syahputra putra dari  Ibu RODIYAH siswa Kelas 7 , Syahbania Erlita Putri dari Ibu ERLIN WAHYUNI Siswa Kelas 7 Cindy Nur Afni putri dari  Ibu ENDANG SUPRIHATIN siswa kelas 7, Nur Hidayati siswa kelas 7 putri dari  Ibu RASIYAH , ZAINAL Fatah putra dari Ibu SUADAH . Alhamdulilah karena sering nya bermain game ke – 10 siswa / siswi SMP PGRI 6 Surabaya mampu mencetak waktu tercepat di bandingkan 22 teman yang lain. Menurut Kepala SMP PGRI 6 Surabaya Bapak H. BANU ATMOKO, S.Pd kegiatan ini adalah kegiatan yang sangat luar biasa, karena siswa di samping bermain game juga di ajak berpikir dengan kata kunci / kode, sehingga siswa / siswi bisa Lebih peka, dimana coding adalah harapan yang di inginkan oleh Bapak Menteri Pendidikan Nasional