Augmented Reality Rumah Belajar yang Menginspirasi

Realitas tertambah, atau kadang dikenal dengan singkatan bahasa Inggrisnya AR (augmented reality), adalah teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi dan ataupun tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata. Rumah Belajar juga memiliki Aplikasi Augmented Reality yang bisa diunduh di https://play.google.com/store/apps/details?id=com.pytoarstudio.arpendidikan

Benda-benda maya menampilkan informasi yang tidak dapat diterima oleh pengguna dengan inderanya sendiri. Hal ini membuat realitas tertambah sesuai sebagai alat untuk membantu persepsi dan interaksi penggunanya dengan dunia nyata. Informasi yang ditampilkan oleh benda maya membantu pengguna melaksanakan kegiatan-kegiatan dalam dunia nyata. Pendidik SMP Tunas Sawunggaling sangat antusias dalam mempelajari pemanfaatan augmented reality Rumah Belajar.

Pendidikan di SMP Tunas Sawunggaling saat ini telah memasuki era digital atau era informasi di mana ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang dengan pesat. Perkembangan ini memiliki dampak semakin terbuka dan tersebarnya informasi dan pengetahuan dari dan ke seluruh dunia menembus batas jarak, tempat, ruang dan waktu. Kenyataannya dalam kehidupan manusia di era digital ini akan selalu berhubungan dengan teknologi tidak hanya di SMP Negeri tetapi juga bagi SMP Tunas Sawunggaling. Kepala SMP Tunas Sawunggaling Bapak Antonius Catur Hermawan, S.E serta Pengawas Pendidikan Ibu Dra. Hj. Sofia Nurbaya, MM menyambut dengan antusias Rumah Belajar sebagai sumber belajar di era digital ini.

SMP Tunas Sawunggaling sangat menyadari bahwa teknologi pada hakikatnya adalah proses untuk mendapatkan nilai tambah dari produk yang dihasilkannya agar bermanfaat, itulah sebabnya pendidik SMP Tunas Sawunggaling Surabaya berkomitmen menggunakan Portal Rumah Belajar yang beralamat di belajar.kemdikbud.go.id. Teknologi telah mempengaruhi dan mengubah manusia dalam kehidupannya sehari-hari, sehingga jika peserta didik atau para pendidik tidak mengikuti perkembangan teknologi maka akan terlambat dalam menguasai informasi, dan akan tertinggal pula untuk memperoleh berbagai kesempatan maju. Informasi bagi pengawas Pendidikan Kota Surabaya memiliki peran penting dan nyata, pada era masyarakat informasi. Informasi dan komunikasi sebagai bagian dari teknologi juga sedang berkembang sangat pesat, mempengaruhi berbagai kehidupan dan memberikan perubahan terhadap cara hidup dan aktivitas manusia sehari-hari, termasuk dalam dunia pendidikan. Pendidikan telah mengalami perkembangan yang sangat pesat pula, diantaranya dengan adanya pembelajaran digital. Dengan memanfaatkan Portal Rumah Belajar sebagai bagian dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi.

Pada Kamis tanggal 5 September 2019 yang lalu SMP Tunas Sawunggaling Surabaya mulai mengenal Rumah Belajar. Pendidik SMP Tunas Sawunggaling sangat antusias dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dari portal Rumah Belajar, dan berkomitmen menjadi subyek atau pelopor dalam pengembangannya. Saat ini pendidik dituntut memiliki kemampuan memahami teknologi sesuai dengan kebutuhannya atau yang disebut juga memiliki literasi teknologi, karena akan berperan dalam kehidupan masa kini dan masa yang akan datang.

Pendidik SMP Tunas Sawunggaling Surabaya sangat merasa terbantu dengan adanya Portal Rumah karena Rumah Belajar memberikan layanan ketersediaan sumber media pembelajaran dalam bentuk bahan belajar interaktif yang dilengkapi dengan media pendukung gambar, animasi, video dan simulasi, serta dalam bentuk buku digital. Konten-konten yang ada pada Rumah Belajar tersebut disediakan untuk berbagai tujuan, agar pendidik dan peserta didik dapat melaksanakan pembelajaran secara komprehensif. Misalnya fitur Peta Budaya, disiapkan untuk menyediakan berbagai macam materi pembelajaran budaya di Indonesia sehingga peserta didik dapat lebih mengetahui dan menghargai keragaman adat istiadat/budaya. Sedangkan Wahana Jelajah Angkasa dikembangkan agar peserta didik lebih mudah mengenal benda-benda angkasa. Selanjutnya, Bank Soal, berisi kumpulan soal-soal latihan/tes. Juga Karya Guru dan Karya Komunitas, memberi kesempatan pendidik mengunggah karya terbaiknya. Di sini pendidik bisa berbagi informasi/ ilmu dengan yang lain. Fitur yang lain, yakni Kelas Maya, memberi layanan pendidik dan peserta didik menyelenggarakan kegiatan e-learning atau pembelajaran secara daring (online) kapan saja dan di mana saja. Fitur itu memfasilitasi pembelajaran daring antara pendidik dan peserta didik kapan saja dan di mana saja. Baik pada saat jam sekolah maupun di luar jam sekolah (sesuai kesepakatan pendidik dan peserta didik), asalkan guru dan siswa memiliki koneksi internet dan perangkat gawai seperti komputer/laptop/ notebook. Adapun Laboratorium Maya dapat digunakan peserta didik dan pendidik melakukan percobaan di laboratorium secara maya. Semua percobaan atau simulasi yang tersedia di Laboratorium Maya dapat diunduh oleh pengguna.

Pendidik SMP Tunas Sawunggaling merasa sangat bersyukur dan mengucapkan terima kasih kepada Pustekkom yang telah mengembangkan Portal Rumah Belajar yang sangat bermanfaat. Semoga Rumah Belajar terus jaya dan semakin berkembang.